Perjuangan Pengelola Pantai Pangasan Suguhkan Wisata Pantai yang Alami dan Indah

  • Share

Keindahan pantai-pantai yang ada di Pacitan memang tak diragukan lagi. Salah satunya adalah Pantai Pangasan, yang terletak di Dusun Batulapak, Desa Kalipelus, Kecamatan Kebonagung. Pantai yang baru beberapa tahun dikelola terpusat oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ini memang menawarkan pemandangan menakjubkan.

Suasana laut biru, berdampingan dengan tebing bebatuan dan area persawahan warga menjadi ciri khas pantai ini, yang tentu sangat cocok dan sempurna untuk destinasi liburan.

Pantai yang akhir-akhir ini kembali viral ini memang menyajikan panorama cantik nan indah. Tidak hanya hamparan pasir dan laut serta ombaknya saja, tetapi juga panorama gunung Lanang yang menjadi landmark pantai ini menjadi keunggulan tersendiri.

Tak hanya itu, di area pantai juga ada persawahan dan batu-batu besar yang membuat pantai ini semakin memesona. Spot ombak, persawahan dan landmark Gunung Lanang ini menjadi ciri khas yang sering diabadikan oleh wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut. Lalu bagaimana pantai ini mulai dikembangkan dan dikelola?

Ketua Pokdarwis Pantai Pangasan,Joko,saat berbincang dengan Pacitanku.com belum lama ini mengatakan awalnya pantai ini belum dikelola oleh Pokdarwis. Pantai ini juga mulai dikenal sejak tahun 2004 yang lalu.

“Kalau Pantai Pangasan ini dulunya berlum ada pengelolanya mas, mulai tahun 2004 itu ada satu wisatawan yang memotret, kemudian foto tersebut tersebar dan menjadi viral, sebelumnya juga dari atas sana jalan sekitar 5 km, pengunjung masing jalan kaki 5 km,”kata Joko

  • Share