Anak Pacitan Belajar dari SBY: Tak Ada Jalan Lunak Menuju Sukses, Never Give Up!

  • Share

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono SBY turut memberikan sambutan utama kegiatan webinar atau seminar secara daring dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-57 SMAN1 Pacitan, Kamis (26/8/2021). SBY memberikan sejumlah pesan khususnya ditujukan kepada siswa-siswi SMAN 1 Pacitan dan juga para anak-anak Pacitan untuk terus berkarya.

Dalam kesempatan itu, SBY memberikan sejumlah pesan dan catatan, khususnya ditujukan kepada siswa-siswi SMAN 1 Pacitan dan juga para pemuda Pacitan untuk terus berkarya.

SBY menyampaikan bagaimana caranya bagaimana implementasinya agar para siswa dan siswi utamanya khususnya menemukan jalan, tahu jalannya, bagaimana menuju atau meraih sukses di masa depan.

“Ada 3 hal, singkatnya untuk meraih sukses di masa depan, pertama-tama adalah, para siswa dan para siswi kalian semua harus punya cita-cita. Harus punya, jangan sampai tidak punya cita-cita tidak punya tujuan hidup, intinya, what do yo want to be, ingin menjadi apa kelak,”papar SBY.

Kemudian, yang kedua, kata SBY, setelah ditentukan cita-cita, tentukan pula apa sasaran yang hendak dicapai selama 3 tahun bersekolah di SMA Pacitan ini.

“Apa sasarannya harus punya, jangan menyesal nanti ketika tamat, merasa harusnya bisa berbuat yang baik lagi, jadi, ingin menjadi apa dan kemudian selama bersekolah di SMA ini mau ditentukan sehingga nanti hari-hari akan diisi oleh semua, bukan hanya mendengarkan bapak ibu guru, tapi kalian harus aktif untuk mengisi diri menuju ke cita-cita tadi dan menuju ke sasaran selama tiga tahun bersekolah di SMA, kalau sudah ditetapkan sasarannya, tolong bisa dicapai,”jelas SBY membeberkan poin-poin pidato kuncinya.

  • Share