Budaya  

Gayeng, ini Penampilan Ronthek Laskar Gajah Gumilap Kecamatan Arjosari

Sebuah karya “Kahanan” jagad raya yang ada di dalamnya adalah sebagai bukti kebesaran dan kekuasaan Gusti Ingkang Hakarya Jagad.

Pacitanku TV — Dengan karya bertema “Kahanan” Ronthek yang tampil di nomor urut kedua ini memiliki warna tersendiri dalam penampilannya.

Sebuah karya “Kahanan” jagad raya yang ada di dalamnya adalah sebagai bukti kebesaran dan kekuasaan Gusti Ingkang Hakarya Jagad yang mana didalamnya merupakan keindahan ada kidung suci, kedamaian, prahara, dan juga keserakahan.

Dengan durasi sekitar 15 menit, seni budaya Ronthek Laskar Gajah Gumilap Kecamatan Arjosari sukses menghibur masyarakat Pacitan dan sekitarnya pada Sabtu (18/11/2023) malam WIB.

Manusia sebagai hamba dari sang Khalik diharapkan mampu untuk meterjemahkan semua peristiwa yang tergelar dalam jagad ini, dalam kultur masyarakat jawa dimana bentuk-bentuk kebudayaan bukan lah sekedar sebagai karya kreativitas belakah, melainkan lebih dari itu pengejawantahan dari religiusitas dan ritualitas pengabdian kepada sang pencipta.

Dan kata pasrah untuk masyarakat jawa adalah merupakan nilai dengan tatara tertinggi dengan konteks kita berserah diri, dari sinilah karya ini tercipta dengan konsep tradisional dan religius, upaya pendekatan diri masyarakat desa Gayuhan dengan sang khalik melalui sarana seni budaya.

Exit mobile version